Kamis, 14 Juli 2016

Desa Buker Tak Tersentuh Bantuan Dinas Pertanian Sampang


Wartaagro.com - Menyebut Desa Buker, sebagian besar orang akan bertanya-tanya dimana letak desa tersebut. Namun, jika Adan berkunjung kesana, pasti akan menemukan kedamaian yang tak terhingga.
Desa Buker merupakan salah satu Desa yang terletak di wilayah Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura. Jumlah penduduk desa ini kurang lebih 4.395 jiwa. Namun, sebagian penduduk tersebut tercatat merantau ke luar wilayah, bahkan sampai ke luar negeri.
Desa Buker saat ini dipimpin oleh Abdus Sodik, kepala desa yang menjabat sebanyak 2 periode. Wilayah Desa Buker mencakup sejumlah dusun, antara lain Dusun Kapasan, Dusun Palongan, Dusun Buker, Dusun Ratah, Dusun Masaran, Dusun Branjang, Dusun Tarogan, Dusun Galisan. Dusun Bangui, Dusun Bakandang dan Dusun Tanamera.
Potensi yang dimiliki desa ini ialah pertanian. Padi, jagung, ketela, kedelai, kacang tanah, ialah komoditi yang sering ditanam petani di Desa Buker. Irigasi yang kurang memadai, terkadang membuat petani mengeluh karena tidak bisa mengairi sawahnya. Tak pelak, gagal panen seringkali dialami.
Bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sampang juga jarang ditujukan ke Desa Buker. Padahal, desa lain di Kabupaten Sampang terus digerojok berbagai macam bantuan, seperti benih, alat mesin pertanian (alsintan), dan bantuan lainnya.
Faktor inilah yang menjadi salah satu kendala pertanian di Desa Buker kurang berkembang. Tenaga ahli di bidang penyuluhan juga jarang menjamah desa ini. Petani masih melakukan sistem tanam secara tradisional, yang mereka dapat dari kebiasaan yang diajarkan orangtuanya dulu.
Petani di Desa Buker ingin protes ke Dinas Pertanian setempat, namun upaya itu dirasa tidak cukup. Karena bagaimanapun, oknum Dinas Pertanian Kabupaten Sampang lebih memilih menyalurkan bantuan kepada wilayah yang memiliki kekerabatan dengan pejabat di Dinas Pertanian.
“Kami berharap bantuan ada di desa kami. Di desa lain sering dapat bantuan, kenapa Desa Buker tidak pernah dapat. Petani disini sangat butuh bantuan teknologi dan juga peralatan,” kata Brodin, salah satu petani di Dusun Tarogan, Desa Buker. (Did)

http://wartaagro.com/berita-desa-buker-tak-tersentuh-bantuan-dinas-pertanian-sampang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar