Rabu, 05 November 2014

Jokowi Targetkan Tahun 2015 Impor Pangan Dihentikan

Rabu, 5 November 2014

PINRANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menargetkan, tahun 2015 mendatang, Indonesia akan mengalami swasembada pangan nasional. Pemerintah juga menargetkan ketergantungan impor pangan seperti kedelei dan gandum untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional, akan dihentikan.

Pernyataan tersebut dikemukan Presiden Jokowi saat meletakkan batu pertama pembangunan irigasi sepanjang 2.200 meter di Desa Bendoro, Kecamatan Wattang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Rabu (5/11/3014). Pembangunan saluran irigasi ini untuk mengairi 57.000 hektar lahan pertanian di tiga kabupaten, yakni Sidrap, Pinrang dan Sengkang. Dalam peletakan batu pertama irigasi itu, Jokowi didampingi istrinya, Iriana Joko Widodo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan sejumah pejabat lainnya.

Pembangunan irigasi Bendoro ini mendapat sambutan positif dari warga dan para petani setempat. Ribuan warga rela menanti kedatangan Jokowi di lokasi pembangunan irigasi. Bahkan, sejumlah warga memanjat pohon agar bisa menyaksikan langsung Jokowi meletakkan batu pertama pembanguna irigasi tersebut.

Kepada wartawan, Jokowi menyatakan bahwa 52 persen saluran irigasi di seluruh indonesia kondisinya rusak parah dan harus segera dibenahi. Dia mengatakan, dalam lima tahun kepemimpinannya, ia berjanji akan menyelesaikan 30 waduk yang berfungsi menampung dan mengairi lahan pertanian di Indonesia.

Tahun depan, lanjut Jokowi, pemerintah akan memulai pembanguan lima waduk di lima lokasi di indonesia seperti Aceh, Banten, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara dan Kudus. Jokowi menargetkan tiga tahun mendatang, Indonesia akan mengalami swasembada pangan nasional.

“Kita menargetkan dalam tiga tahu mendatang Indonesia mengalami swasembada pangan hingga impor pangan seperti kedelei, beras dan terigu bisa dihentikan,” ujar Jokowi seusai meletakkan batu pertama pembanguan irigasi Bendoro, Rabu.

Seusai meletakkan batu pertama, Presiden jokowi bersama rombongan bertolak menuju Kabupaten Pinrang untuk melakukan panen perdana di Kecamatan Lanrisang. Selanjutnya Jokowi akan terbang ke Makassar dan Mamuju. Lalu keesokan harinya, Jokowi akan mengunjungi Kendari sebelum kembali ke Jakarta.

http://regional.kompas.com/read/2014/11/05/16573241/Jokowi.Targetkan.Tahun.2015.Impor.Pangan.Dihentikan?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar