Jumat, 01 April 2016

Bulog Siap Beli Beras Petani Rp 3.800/Kg

Kamis, 31 Maret 2016

BATANG, jatengterkini - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menegaskan, hasil panen padi setiap tahunnya mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, petani diharapkan tidak khawatir terhadap hasil menjualan panenan padi.

Apalagi pihak Bulog sudah sepakat untuk membeli hasil panen dengan harga Rp 3.800 per kg. Sebagaimana ditegaskan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, saat berdialog dengan petani di Desa Klidang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (31/3).

"Kami akui ada peningkatan hasil produksi pertanian meski demikian petani diharapkan jangan khawatir untuk menjual hasil panennya. Kami juga sudah sepakat dengan Bulog untuk membeli gabah petani tanpa memperhatikan rendemennya, tentunya dengan harga Rp 3.800 per kg untuk sawah pinggir jalan," tegasnya.

Pemerintah, lanjutnya, berusaha meningkatkan produktivitas pertanian dengan harapan agar bisa swasembada pangan. Karena itu pemerintah melalui Kementrian Pertanian akan terus memberikan bantuan berupa benih dan peralatan untuk modernisasi pertanian serta melakukan perbaikan saluran irigasi.

“Kami akan memberikan bantuan bibit dan alat berupa traktor sebanyak  50 buah pada petani Kabupaten Batang. Kami mengharapkan pada kepala dinas pertanian daerah harus mampu memberikan 70.000 kg untuk diserap Perum Bulog,” tambahnya.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Bupati Batang Soetadi, menambahkan daerah persawahan di Wilayah Kabupaten Batang, memiliki batas utara pantai dan selatan pegunungan dieng  yang dari tahun ke tahun ada peningkatan hasil produksi panen padi. Sedangkan peningkatan hasil pertanian ini selain ditunjang iklim yang baik juga karena peran dari Kodim dan Polres serta para pendamping dalam membimbing para petani.

"Hasil produksi pertanian pada tahun  2014 menghasilkan gabah padi kurang lebih 155.000 Ton dan tahun 2015 menghasilkan 197.000 Ton, ada 40% peningkatan hasil padi yang dicapai. Kami terus berharap adanya bantuan peralatan dan bibit padi yang memadahi dari Mentan sehingga setiap tahun diharapkan ada peningkatan hasil,” tandasnya. (adhy kuncoro-01)

http://www.jatengterkini.com/berita/2814/bulog-siap-beli-beras-petani-rp-3-800-kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar