Senin, 15 Desember 2014

JK Ingin Percepat Target Swasembada Pangan, Kedelai Paling Berat

Senin, 15 Desember 2014

Jakarta -Pemerintah menargetkan swasembada padi, jagung dan kedelai bisa tercapai pada 2017. Namun target yang paling berat adalah swasembada kedelai

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) justru ingin program itu dipercepat lebih cepat dari target. Saat ini pemerintah melakukan terobosan dengan mempercepat pengadaan bibit untuk petani tanpa melalui tender, yang selama ini cenderung lama dan kerap telat.

"Salah satu yang kita bicarakan ialah (swasembada padi, jagung) dalam waktu 2-3 tahun yang akan datang. Mungkin 1 tahun malah maka kita harus swasembada padi, gula, jagung dan kedelai juga nanti," kata JK di kantor Wapres Jalan Medan Merdeka Utara, Jakpus, Senin (15/12/2014).

Ia menjelaskan bila swasembada ini bisa dilakukan tahun depan, perbaikan ekonomi negara dapat dilakukan. "Karena itu bisa menjaga, meningkatkan kesejahteraan, mengurangi kemiskinan. Kedua menjaga stabilitas harga, kemudian juga menjaga inflasi agar jangan terlalu tinggi," katanya.

Selain itu, swasembada ini bisa tercapai maka akan membuka lapangan kerja bagi petani dan nelayan yang selama ini belum sejahtera. JK menungkapkan ada 5 hal yang bisa dilakukan untuk mencapai swasembada pangan yakni bibit yang benar dan tepat waktu, pupuk yang distribusikan tepat waktu, pengairan yang direhabilitasi, hasil tani yang berkualitas dan penyuluhan pada petani.

Hari ini dilakukan penandatangan Surat Edaran Bersama antara Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Jaksa Agung HM Prasetyo dan Wakil Kapolri Komjen Pol Badrodi Haiti. Surat Edaran ini dilakukan karena pengadaan bibit dilakukan melalui penunjukkan langsung.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan setidaknya akan ada 73 ton gabah kering giling (GKP) yang diproduksi tahun depan dalam rangka swasembada. Swasembada jagung, ditargetkan 20 juta ton di tahun 2016. Swasembada kedelai baru bisa dilakukan tahun 2017, karena persoalan ketersedian lahan.

"Kedelai yang memang ini agak berat. Insya Allah 3 tahun baru kita mencapai swasembada," ucap Amran.

Kementerian Pertanian menargetkan perbaikan irigasi 1 juta hektar per tahun dan akan dimulai bulan Januari 2014. "Kami programkan menyelesaikan 1 juta hektar per tahun. Insya Allah tahun 2015 ini kamu akan mulai pada bulan Januari," katanya.
(bil/hen)

http://finance.detik.com/read/2014/12/15/165940/2777873/4/jk-ingin-percepat-target-swasembada-pangan-kedelai-paling-berat?f9911023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar