Senin, 05 Januari 2015

Mendag Seharusnya Tak Asal Setujui Impor

Minggu,  4 Januari 2015

JAKARTA - Kementrian Perdagangan seharusnya tidak asal dalam melakukan penandatanganan masuknya komoditas impor, hal ini di ungkapkan pengamat ekonomi Ichsanuddin Noorsy. Dia mengatakan penyetujuan impor jangan mudah dilakukan seperti pada saat periode Menteri Perdagangan (Mendag) sebelumnya yang dijabat oleh Gita Wirjawan.

"Jangan asal tanda tangan impor seperti pada masa Gita Wirjawan itu betul. Tetapi sekarang disetujuinya impor gula rafinasi dan pabrik gula rafinasi sehingga menyebabkan industri gula nasional ambruk," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Minggu (4/1/2015).

Sedangkan untuk pengadaan impor beras, hal yang dahulu sempat menjadi polemik saat Gita Wirjawan menjadi Mendag tidak perlu terulang.

"Masalah impor beras itu persoalannya suruh duduk antara Badan Ketahanan Pangan, Menteri Pertanian, Bulog, Menteri Perdagangan, dan Menteri Perindustrian," jelasnya.

Menurutnya cara penghitungan produksi beras tidak sama antara lembaga negara satu dengan lainnya.

"Disebut cara hitung produksi beras  tidak sama caranya. Artinya benahi dulu sistem penghitungan produksi beras yang tidak kompak antara Badan Pusat Statistik, Bulog, dan  Badan Ketahanan Pangan," pungkasnya.


http://ekbis.sindonews.com/read/945922/34/mendag-seharusnya-tak-asal-setujui-impor-1420378666

Tidak ada komentar:

Posting Komentar