Rabu, 28 Januari 2015

Mentan: Kita Perluas Peran Bulog Tahun Ini‏

Selasa, 27 Januari 2015

Sukoharjo, GATRAnews - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan bahwa pemerintah akan memperluas peran Perum Bulog, bukan hanya sebagai stabilisator harga beras seperti saat ini, tapi juga menjadi stabilisator jagung dan kedelai.

Karena itu, Bulog harus menyerap juga sebagian produksi jagung dan kedelai nasional untuk stok penyangga. Ditargetkan, ke depan Bulog memiliki stok beras hingga 2 kali lipat dari jumlah saat ini, jagung sebanyak 2,5 juta ton, dan kedelai 1 juta ton.

Perluasan peran Bulog ini perlu dilakukan untuk menjamin harga di tingkat petani, sehingga para petani bersemangat menanam. Selain itu, peran pemerintah dalam menstabilkan harga pangan juga semakin kuat. "Bulog kita perluas perannya sebagai stabilisator. Rencananya serapan gabah 2 kali lipat, jagung 2,5 juta ton, dan kedelai 1 juta ton," ungkap Amran saat kunjungan kerja di Sukoharjo, Selasa (27/1).

Rencana ini, katanya, sudah dibicarakan bersama dalam rapat koordinasi kementerian bidang perekonomian. Perum Bulog pun sudah dihubungi. "Sudah dibicarakan di rapat koordinasi. Dirut Bulog kemarin juga sudah saya telepon," dia menuturkan.

Perluasan peran Bulog akan dimulai tahun ini. Dana untuk penyerapan jagung dan kedelai pun telah disiapkan untuk Bulog dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara - Perubahan (RAPBN-P) 2015. "Mulai sekarang bergerak. Tahun ini dimulai. Sudah dianggarkan di APBN-P. Nanti anggarannya tanya ke Bulog," pungkasnya.

http://www.gatra.com/ekonomi-1/makro/131322-mentan-kita-perluas-peran-bulog-tahun-ini%E2%80%8F.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar