Selasa, 28 Oktober 2014

Jadi Mentan, Amran Sulaiman Fokus Swasembada Jagung, Kedelai, dan Gula

Selasa, 28 Oktober 2014

Jakarta -Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan ada beberapa program prioritas yang akan dikerjakannya selama 5 tahun ke depan. Selain menjaga swasembada beras, Amran akan fokus untuk mengejar swasembada pangan jagung, kedelai, dan gula.

"Prioritas pada jagung, kedelai, dan gula," kata Amran usai serah terima jabatan di kantor Kementan, Ragunan, Jakarta, Selasa (28/10/2014)

Amran mengatakan, untuk mencapai target tersebut, ada langkah-langkah prioritas kementeriannya yaitu dengan meningkatkan irigasi, penyediaan bibit dan pupuk untuk petani, juga langkah-langkah jaminan pasar pasca panen.

Di tempat yang sama, mantan Mentan Suswono mengatakan tantangan sektor pertanian di Indonesia cukup berat yaitu soal persoalan perubahan iklim, konversi lahan produktif yang membuat lahan pertanian menyempit, dan persoalan infrastruktur pertanian yang minim.

"Sebanyak 52% irigasi kita rusak, untuk bisa menopang itu perlu SDM dan pemodalan, itu tantangan," katanya.

Ia mengatakan saat ini persoalan peningkatan produksi gula dan kedelai masih terkendala penyedian lahan. "Potensi kita untuk swasembada masih memungkinkan, saya yakin dengan menteri baru ada terobosan-terobosan yang lebih baik lagi," ujar Suswono.

Politisi PKS ini mengatakan, sektor pertanian sangat erat kaitannya dengan kemandirian bangsa. Apalagi 50% penduduk Indonesia bergantung dari sektor ini.

"Moto kita adalah petani sejahtera bangsa berjaya. Moto ini perlu diwujudkan dalam realita," katanya.
(hen/hds)

http://finance.detik.com/read/2014/10/28/120937/2731771/4/jadi-mentan-amran-sulaiman-fokus-swasembada-jagung-kedelai-dan-gula?9911012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar