Rabu, 21 Oktober 2015

Jika Kemarau Berlanjut, Pemerintah Akan Impor Beras dari Vietnam atau Thailand

Rabu, 21 Oktober 2015

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah akan melakukan impor beras untuk menjaga pasokan dalam negeri. Kebijakan impor akan diambil jika kemarau terus berlanjut. Kemungkinan, beras akan diimpor dari Vietnam atau Thailand.

"Impor itu kita lakukan untuk memperkuat cadangan beras nasional. Bisa ditaruh di Vietnam atau Thailand, bisa ditaruh di sini," kata Jokowi, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Jokowi menyebutkan, kebijakan impor itu akan diputuskan pada akhir bulan ini.

"Kalau minggu ketiga, minggu keempat Oktober hujannya masih ragu-ragu, ya memang kalau perlu (berasnya) ditarik ke Indonesia," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan, hingga saat ini cadangan beras yang ada di Badan Urusan Logistik (Bulog) mencapai 1,7 juta ton. Jumlah itu akan bertambah sekitar 200.000-300.000 ton beras hasil panen pada bulan Oktober dan November.

Ada enam provinsi yang menjadi tumpuan produksi beras di seluruh Indonesia, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

http://nasional.kompas.com/read/2015/10/21/12022611/Jika.Kemarau.Berlanjut.Pemerintah.Akan.Impor.Beras.dari.Vietnam.atau.Thailand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar