Rabu, 20 Agustus 2014

Kedaulatan Pangan Perlu Perhatikan Benih

Selasa, 19 Agustus 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar ekologi dari India Vandana Shiva mengatakan, kedaulatan pangan suatu bangsa termasuk Indonesia juga perlu memperhatikan aspek pengelolaan benih sebagai sumber produksi pangan bagi anggota masyarakat.

"Benih memegang peranan penting karena memiliki manfaat yang besar, seperti bila terjadi bencana atau kegagalan tanam maka benih mampu menyelamatkan manusia dari kelaparan," kata Vandana Shiva dalam dialog tentang pangan yang digelar Yayasan Kehati di Jakarta, Selasa (19/8).

Menurut dia, Indonesia yang memiliki potensi pangan yang melimpah seharusnya telah dapat mencapai kedaulatan pangan.

Untuk itu, ia mengimbau agar paradigma pertanian mengembalikan petani kembali sebagai pengembang benih agar pengelolaan benih dapat dilakukan dengan baik oleh warga masyarakat di tingkat lokal.

Selain itu, lanjutnya, pengelolaan benih yang baik juga harus memperhatikan faktor keanekaragaman hayati yang dinilai akan menciptakan keseimbangan dan keselarasan dengan alam.

Sedangkan Guru Besar Fakultas Pertanian IPB Dwi Andreas Santoso berpendapat, keberpihakan kebijakan yang ada terhadap petani masih kurang karena aturan yang ada malah menghambat petani dalam pengelolaan benih secara lokal.

Untuk itu, tegasnya, agar mencapai kedaulatan pangan maka keberpihakan terhadap petani harus ditingkatkan sehingga dapat pula tercipta pertukaran benih lokal secara global dengan petani di berbagai penjuru dunia.

Sementara Guru Besar Ilmu Ekonomi Pertanian Universitas Lampung Bustanul Arifin mengemukakan, pemerintah perlu membuat peraturan atau lembaga yang berwenang untuk melindungi kepentingan masyarakat luas akan pengelolaan benih.

Sedangkan Officer Pertanian Yayasan Kehati Puji Sumedi menyebutkan bahwa pengelolaan benih melalui masyarakat merupakan suatu keniscayaan.

Puji juga menyatakan perlunya mengombinasikan antara kearifan lokal dan aplikasi teknologi modern guna meningkatkan keharmonisan seperti dalam hal pengelolaan benih.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/14/08/19/nak0ua-kedaulatan-pangan-perlu-perhatikan-benih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar