Sabtu, 06 Juni 2015

DPR Nilai Pergantian Dirut Bulog Oleh Menteri BUMN Tak Selesaikan Masalah

Sabtu, 6 Juni 2015

Jakarta, HanTer-Wakil Ketua Fraksi Golkar di DPR, Firman Subagyo, mengatakan, isu pergantian Direktur Utama (Dirut) PT Bulog yang dilontarkan Menteri BUMN Rini Sumarno bukan solusi dalam menyelesaikan persoalan Bulog yang kini tengah disorot tajam terkait beberapa masalah yang dihadapi terutama soal ketahanan pangan nasional.

"Kesalahan dan lemahnya tercapainya dan pemenuhan ketahanan pangan yang sedang carut marut ini justru karena sistemnya yang salah, karena pemerintah sendiri sampai sekarang belum juga melaksanakan amanat UU Nomor 18 Tahun 20012 tentang pangan. Dan bukan dengan cara mengganti Dirut Bulog seperti usulan Menteri Rini," ujar Firman kepada Harian Terbit, Sabtu (6/6/2015).

Firman menduga alasan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sengaja mengusulkan mengganti Dirut Bulog hanyalah akal-akal dari mereka yang justru sebenarnya ingin memperlemah fungsi dan kewenangan Bulog dengan peran perusahaan swasta yang sedang direncanakan Menteri Rini.

"Kalau saya menangkapnya ini sebenarnya hanya akal-akalan Menteri BUMN yang justru ingin membentuk perusahaaan baru yang nantinya akan menjadikan lembaga itu menjadi lembaga baru yang komersial dan nantinya ujung-ujungnya kebijakan itu akan membuat keblinger banyak pihak," cetusnya.

Lebih jauh, Firman berharap pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menghentikan ide konyol Menteri BUMN tersebut. Sebab, menurutnya hal tersebut bukan solusi yang sangat tepat dalam menyelesaikan permasalahan Bulog, namun justru nanti akan menambah masalah yang akhirnya lama-kelamaan menjadi konflik berkepanjang.

"Ini butuh penangan khusus pemerintah khususnya Presiden harus ambil sikap atas soal ini. Karena jika ide konyol dari Menteri Rini terus menerus dilanjutkan, maka bukan penyelesaian yang didapat namun konflik yg akan terus berjalan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama Perum Bulog, Lenny Sugihat, menurut rencana akan diganti pada pekan depan. Pergantian Dirut Perum Bulog itu diperlukan karena pemerintah merencanakan mentransformasi Bulog sebagai institusi yang lebih mampu berperan secara maksimal bagi kepentingan petani.

Hal itu disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno, pada Jumat (5/6). "Rencananya, Senin (ada pergantian)," terang Rini.

Meski begitu, Menteri Rini belum bersedia menyebutkan pengganti direktur utama (dirut) Perum Bulog Lenny Sugihat tersebut.


(luki)

http://nasional.harianterbit.com/nasional/2015/06/06/31264/25/25/DPR-Nilai-Pergantian-Dirut-Bulog-Oleh-Menteri-BUMN-Tak-Selesaikan-Masalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar