Kamis, 06 Maret 2014

Berdayakan Petani Lokal

Kamis, 6 Maret 2014

JAKARTA – Petani lokal harus diberdayakan lebih besar lagi untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia. Pemberdayaan petani lokal merupakan salah satu elemen yang harus dilindungi sebagai perwujudan dari ketahanan pangan nasional.

Anggota Komisi IV DPR, Siswono Yudhohusodo, mengatakan Indonesia merupakan negara yang memunyai sumber daya alam kaya, antara lain dengan buah lokal yang melimpah. Hal ini seharusnya membuat buah lokal mampu memenuhi kebutuhan nasional dan tidak bergantung kepada negara lain. “Persediaan buah lokal merupakan hak setiap rakyat.

Oleh karena itu, pemerintah bertanggung jawab terhadap ketersediaan buah lokal,” katanya. Dia berpendapat melimpahnya peredaran buah impor di pasaran merupakan ancaman serius terhadap buahbuahan lokal Indonesia karena petani buah lokal menjadi semakin terpuruk dan sulit berkembang.

Bukan hanya itu, lanjutnya, peredaran buah impor kini sudah menyebar ke banyak pelosok di Indonesia Berdasarkan laporan Gabungan Importir Hasil Bumi Indonesia, saat ini, 85 persen dari seluruh produk hortikultura yang beredar dan dinikmati oleh konsumen di Indonesia merupakan produk impor. mza/E-3

http://www.koran-jakarta.com/?7335-berdayakan%20petani%20lokal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar