Sabtu, 29 Maret 2014

Hasil Panen Padi Menurun

Jumat, 28 Maret 2014

DISERANG HAMA TIKUS
SUKOHARJO (KRjogja.com)- Petani di beberapa wilayah di Kabupaten Sukoharjo sudah melakukan panen  musim tanam pertama. Namun, mereka mengeluhkan, hasil tanaman padi yang didapat berkurang akibat lahan sawah diserang hama tikus.Pantauan disejumlah wilayah panen sudah dilakukan petani di Kecamatan Kartasura, Baki, Gatak dan Grogol. “Hasil panen menurun karena diserang hama tikus,” keluh Pawiro salah satu petani di Desa Geneng Kecamatan Gatak ditemui saat melakukan panen, Jumat (28/03/2014).

Pawiro mengaku, dalam kondisi normal satu patok lahan sawah miliknya bisa panen menghasilkan 8 ton hingga 9 ton gabah, tapi sekarang hanya 6,7 ton. Penurunan tersebut dikarenakan dalam rentan waktu hampir satu bulan diserang hama tikus. Saat ada serangan, Pawiro mengaku sudah melakukan upaya dengan gropyokan tikus. Tapi hasil yang didapat tidak bisa maksimal. “Jumlah tikusnya sangat banyak sedangkan petani yang gropyokan sedikit,” lanjutnya.

Meski hasil panen turun tapi Pawiro mengaku tetap bersyukur. Sebab gabah yang didapat kualitasnya cukup baik. Karena itu saat dijual juga bisa laku dengan harga tinggi.“Gabah hasil panen di sawah langsung dibeli pelanggan yang biasa ke sini,” katanya. (Mam)

http://krjogja.com/read/210185/hasil-panen-padi-menurun.kr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar