Senin, 31 Maret 2014

Dusun Banyumanik Cocok untuk Tanaman Sorgum

Senin, 31 Maret 2014

WONOSARI (KRjogja.com) - Joko Santoso (Mantan Panglima TNI) pendiri Yayasan Andika Puragaya, Minggu (30/3/2014) berkunjung ke dusun Banyumanik Desa Pacareja Kecamatan Semanu Gunungkidul, dalam acara Pengukuhan Kedaulatan Pangan Nasional melalui pengembangan sorgum sebagai alternatif pangan. Acara ditandai dengan penyerahan bibit sorgum kepada Kepala Dusun Banyumanik Giyanto, oleh Joko Santoso disaksikan masarakat Banyumanik.

Selain bibit sorgum juga diserahkan bantuan 100 sabit, untuk membantu petani sorgum. Dari Giyanto Kadus Banyumanik diserahkan hasil pertanian warga kepada Joko Santoso.

Dalam acara tersebut secara simbolis Mantan Panglima TNI (Purn) Joko Santoso, menebar sorgum diikuti putranya, disaksikan masyarakat dan undangan. Yang unik dalam acara makan disediakan secara prasmanan, tidak pakai piring, atas permintaan Joko Santoso makan siang pakai 'pincuk' dari daun pisang. Ada nasi putih, merah dan tiwul. Acara dimeriahkan Jatilan Turonggo Kencono Seto.

Dipilihnya Dusun Banyumanik sebagai ajang Pengukuhan Kedaulatan Pangan Nasional, menurut Giyanto, karena dusun Banyumanik sejak tahun 2011 sudah menanam sorgum, kerjasama dengan Yayasan Andika Puragaya, hasil sorgumnya cukup baik 1 hektar dapat menghasilkan sorgum 4,2 ton.(Tulus.Ds)

http://krjogja.com/read/210352/dusun-banyumanik-cocok-untuk-tanaman-sorgum.kr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar