Jumat, 27 Juni 2014

HKTI : Kedaulatan Pangan, Bukan Ketahanan!

Jumat, 27 Juni 2014

Ketua Harian HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Sutrisno Iwantono meminta kepada calon presiden Prabowo dan Jokowi untuk tidak lagi memakai istilah “Ketahanan Pangan”. Dia menilai bahwa ketahanan pangan mempunyai arti bahwa negara harus mencukupi kebutuhan pangan warganya, sehingga apabila stok pangan kurang maka negara boleh melakukan impor.

Dalam lansiran halaman di detik.com Sutrisno menegaskan, “Seharusnya yang lebih tepat adalah kedaultan pangan, dimana kebutuhan dicukupi dari dalam negeri”. Dalam upaya mencapai kedaulatan pangan, Sutrisno menyarankan 5 hal kepada calon pemimpin masa depan demi terwujudnya kedaulatan pangan.

Pertama, pemerintah harus memberikan subsidi pupuk pada petani. Pasalnya, selama ini subsidi pupuk tidak pernah sampai ke tangan petani yang berakibat tingginya biaya operasional yang ditanggung petani karena memilih membeli pupuk tak bersubsidi. Alasan ini pula yang menyebabkan generasi muda Indonesia tidak memilih menjadi seorang petani yang berperan terhadap kedaulatan pangan Indonesia karena adanya pandangan bahwa petani tidak mempunyai kesejahteraan yang jelas.

Kedua,pembangunan irigasi. "Misalnya akan membangun irigasi untuk pengairan 500 ribu hektar sawah, itu sudah konkret. Jangan dulu bicara mencetak sawah baru”, Sutrisno menimpali. Hal ini sangat logis, walaupun pemerintah membuka sawah baru untuk petani namun jika irigasinya tidak tersedia mana mungkin bisa ditanami?

Selanjutnya ialah adanya pemberian subsidi bunga kredit usaha tani. Hal ini penting, jangan sampai petani terlibat peseteruan dengan penagih karena tidak mampu membayar bunga atas pinjaman yang diterimanya. Hal ini mengingat, petani itu hanya memiliki keuntungan yang tipis, sebab harga pangan mesti disesuaikan sama keinginan pemerintah. Pendapatan yang diterima petani juga harus dibagi rata antara kebutuhan hidup, membeli bibit dan pupuk, membayar hutang dan bunganya. Dengan pemerintah mau untuk mensubsidi bunga pinjaman maka beban petani akan terasa lebih ringan.

Keempat, member peran utama kepada koperasi untuk mendistribusikan pupuk dan pestisida. Kelima member peran utama kepada koperasi untuk memasarkan hasil produksi pertanian. Selama ini, koperasi simpan pinjam hanya bergerak dalam memutar uang yang diterima dari anggota koperasi. Dengan memberi peran tambahan kepada koperasi tani seperti distribusi pupuk / pestisida serta memasarkan hasil produksi, koperasi bisa menghasilkan pendapatan lebih yang pada nantinya akan membantu menguatkan keuangan para anggotanya.

Kelima, kedaulatan energy harus integral (tidak terpisahkan) dengan sector pertanian. Kedaulatan energi harus diwujudkan dengan pengembangan energy terbarukan. “Energi terbarukan yang rama lingkungan, jangan lagi bergantung pada energy fosil. Misalnya pengembangan pohon jarak, harus ada target yang pasti. Ini sudah 10 tahun kita bicara soal jarak,” tegas sutrisno.

Sutrisno juga menambahkan, biogas dari kotoran ternak juga bisa dikembangkan sebagai sumber energy. Dia pun mencontohkan seperti daerah Pasuruan (jawa Timur) dimana terdapat 5000 petani mengembangkan biogas sebagai sumber energy di desa mereka. “Mereka tidak perlu lagi membeli minyak tanah atau listik,” ujarnya. Sumber detik.com

http://www.arenakarier.com/berita/hkti--kedaulatan-pangan-bukan-ketahanan

4 komentar:

  1. Halo, nama saya Laima, saya adalah korban di tangan kreditur penipuan saya telah ditipu 27 juta, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, tidak ada makanan untuk anak-anak saya, bisnis saya adalah hancur dalam proses saya kehilangan suami saya. Saya dan anak-anak saya tidak tahan lagi .all ini terjadi Januari 2015, tidak sampai saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu ibu yang baik Alexandra yang akhirnya membantu saya mendapatkan mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini terima kasih dan Allah terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan. alexandraestherloanltdd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com untuk setiap informasi yang Anda perlu tahu, silakan dia adalah satu-satunya orang yang jujur saya dapat memberitahu Anda.
    Terima kasih .

    BalasHapus
  2. Dapatkan pinjaman hari @ 2% bunga dan menghidupkan kembali bisnis Anda tanpa mengganggu, kami menawarkan $ 3,000.00 ke $ 20,000.000.00, email kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman yang Anda butuhkan. silahkan hubungi kami di: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com bersama-sama dengan informasi di bawah.
    {Lengkapi formulir di bawah pinjaman}
    Nama Anda: ===========
    COUNTRY: ===========
    NEGARA ===========
    ALAMAT: ===========
    GENDER: ===========
    JUMLAH DIPERLUKAN: ===========
    PERIODE: ===========
    NOMOR TELEPON: =========== =============
    akun yang lebih baik dari perusahaan yang sah.
    Hubungi kami di email ini: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com
    Ibu Anita

    BalasHapus
  3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  4. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    BalasHapus