Sabtu, 14 Juni 2014

Petani Jember Minta Presiden Terpilih Setop Impor Pangan

Sabtu, 14 Juni 2014

Bisnis.com, JEMBER — Sejumlah organisasi petani di Kabupaten Jember, Jawa Timur, berharap kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang terpilih melalui pemilu mendatang untuk menghentikan kebijakan impor sejumlah komoditas pangan dan menjaga ketahanan pangan di Indonesia.

“Saat ini keran impor terhadap komoditas pertanian terus meningkat setiap tahun, sehingga harga sejumlah komoditas pangan yang ditanam petani selalu anjlok,” kata Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jember Jumantoro di Jember, Jumat (13/6/2014).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2013 mencatat Indonesia mengimpor beras, masing-masing dari Vietnam (171.286 ton), Thailand (194.633 ton) , India (107.538 ton), Pakistan (75.813 ton), dan Myanmar (18.450 ton).

“Pemerintah sering mengklaim bahwa produksi padi di Indonesia selalu surplus, namun kenyataannya kebijakan impor beras selalu meningkat setiap tahun dan hal tersebut menunjukkan kebijakan yang tidak berpihak kepada para petani,” katanya.

Menurut dia, kedaulatan dan ketahanan pangan menjadi isu pokok yang dituntut oleh petani terhadap presiden dan wakil presiden yang baru agar sektor pertanian di Indonesia menjadi andalan negara agraris yang saat ini justru menjadi negara pengimpor.

“Pembangunan sektor pertanian juga perlu ditingkatkan dan kebijakan terhadap program-program yang berpihak kepada petani harus mendapatkan prioritas, sehingga kesejahteraan para petani dapat ditingkatkan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jember Mukhsin. Pihaknya meminta capres dan cawapres terpilih memberikan perlindungan terhadap para petani dan menghentikan kebijakan impor yang merugikan para petani.

“Kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada petani menyebabkan banyak petani yang enggan bercocok tanam dan beralih ke pekerjaan lain, sehingga luas lahan sawah terus berkurang seiring dengan banyaknya pembangunan perumahan,” katanya.

Menurut dia, Indonesia merupakan negara agraris yang harus bisa menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan, sehingga pemerintah seharusnya memberikan sejumlah program untuk meningkatkan produksi pangan dan mengurangi impor secara perlahan-lahan.

“Bangsa Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang begitu melimpah, sehingga pemerintah yang baru harus dapat mengolahnya dengan baik dan mengembalikan kejayaan pangan di negeri tercinta ini,” katanya.

Pemilu Presiden yang digelar 9 Juli 2014 diikuti oleh dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan nomor urut 1 dan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan nomor urut 2.

http://bewara.co/read/2014/06/petani-jember-minta-presiden-terpilih-setop-impor-pangan/

1 komentar:

  1. Sayang Budiyanto,
    Saya mendapat email Anda tentang di mana untuk mengirim pembayaran biaya pendaftaran. Tapi pertama-tama saya harus menjelaskan prosedur pembayaran kepada Anda.
    Kami biasanya menerima Rekening Bank pembayaran tetapi memakan waktu sampai lima hari kerja sebelumnya untuk merefleksikan sini di rekening kami yang buang-buang waktu. Anda hanya dapat menerima pinjaman Anda ditransfer ke rekening bank Anda jika kita telah dikonfirmasi atau diverifikasi pembayaran.

    Tapi cara termudah kita biasanya saran pelanggan kami untuk melakukan pembayaran pendaftaran mereka adalah melalui Kantor Pos, INDOMARET atau bank yang memiliki logo Western Union. Kami dapat mengkonfirmasi pembayaran Anda pada hari yang sama Anda membuat pendaftaran pembayaran dan Anda juga bisa mendapatkan pinjaman Anda ditransfer ke bank rekening beberapa jam setelah pembayaran Anda telah dikonfirmasi diverifikasi.
    Jadi untuk kemajuan Anda dan saya, kami saran Anda untuk melakukan pembayaran untuk pendaftaran departemen Akuntansi melalui Kantor Pos, INDOMARET atau bank yang memiliki logo Western Union ke alamat di bawah.

    Penerima Nama: Ibu Augustina Omordia
    Alamat: 115/116 Dawson Road, off MM Way, New Benin-City, Nigeria.
    Provinsi Warri
    Negara: Delta
    Penerima Negara: NIGERIA
    Jumlah: Rp1,599,990
    ID card no: 7866344344
    Telepon No: +2348134454321
    Pertanyaan tes: 1 + 1
    Jawaban tes: 2

    Pastikan Anda mengirimkan informasi pembayaran dan scan salinan bukti pembayaran konfirmasi cepat dan verifikasi. Pinjaman Anda akan ditransfer ke rekening bank Anda beberapa jam setelah konfirmasi pembayaran Anda.
    Menunggu tanggapan mendesak Anda !!!
    Ibu Alexandra.

    BalasHapus