Sabtu, 14 Juni 2014

Kedaulatan Pangan Syarat Utama Kemandirian Ekonomi

Sabtu, 14 Juni 2014

CILACAP – Calon presiden (capres) nomor urut dua, Joko Widodo, menyatakan kedaulatan pangan berbasis agribisnis kerakyatan merupakan syarat utama terciptanya kemandirian ekonomi. Untuk itu, perlu ada kebijakan pengendalian atas impor pangan yang hanya menguntungkan kelompok tertentu dengan mengorbankan kepentingan pangan nasional.

Guna mewujudkan kedaulatan pangan tersebut, Jokowi menjelaskan, salah satunya adalah keberanian dan kebijakan pemerintah untuk menyediakan pupuk dan benih yang cukup bagi petani di seluruh Indonesia. “Benih itu harus benih unggul lokal, bukan impor. Ini penting sekali karena selama ini cost (biaya) benih sangat tinggi sehingga hasil produksi petani menjadi murah,” kata Jokowi seusai menemui para petani yang tengah beraktivitas di Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (13/6), tidak jauh dari Museum Soesilo Soedarman.

Selain itu, Jokowi menambahkan agar petani tidak terjerat rentenir, yang paling penting adalah keberadaan bank agrimaritim sehingga para petani dan nelayan akan sangat terbantu dari sisi modal agar dapat membeli benih yang baik dan alat pertanian yang mendukung. “Karena problem yang mereka sampaikan soal mesin yang sudah tua, tapi mereka tidak memunyai kemampuan untuk membeli,” jelasnya.

Jokowi juga menilai perlunya mendekatkan pasar dengan petani agar petani bisa langsung menjual hasil pertaniannya. Dengan demikian, para petani tidak harus menjual hasilnya kepada pengijon dengan hasil yang jauh lebih rendah dari harga pasar.

Mahmudi, 55 tahun, salah seorang petani yang ditemui Jokowi, mengaku tidak percaya dan seperti bermimpi dapat langsung bertatap muka dengan calon presiden nomor urut dua tersebut.

Dia bahkan dengan terbuka menyampaikan unek-unek tentang nasib petani. “Saya bilang ke Pak Jokowi mengenai pupuk untuk mengendalikannya. Karena pupuk sampai satu bulan ini langka, harganya melonjak dari 80 ribu rupiah menjadi 120 ribu rupiah per 50 kilogram,” ungkap Mahmudi.

Kepada Jokowi, dia juga menyampaikan kesulitan para petani sekarang ini. Bukan sekadar sulitnya dan harga pupuk yang melonjak yang dikatakannya kepada Jokowi, tapi juga efek dari langka dan tingginya harga pupuk pada penghasilan dan kesejahteraan para petani yang makin rendah. “Kita makin sulit. Kekurangan pupuk. Dampaknya kurang pertumbuhan. Pengaruhnya telat panen. Hasilnya kurang maksimal. Misalnya sehektarenya bisa jadi 7 ton, sekarang jadinya rendah, hanya 5 ton gabah kering giling,” tuturnya.

“Belum lagi hama tikus, enggak bisa dikendalikan, keong juga. Sekarang usia padi 20 hari, seharusnya panen habis Lebaran, tapi kita lihat saja sekarang, bagaimana padinya,” tambahnya.

Sementara itu, saat menjumpai masyarakat di Pasar Induk Sokaraja, Banyumas, dilaporkan pembeli dan penjual sontak menghentikan aktivitasnya dan berebutan ingin menjabat tangan calon presiden nomor urut 2 itu. Terik matahari membuat Jokowi berulang kali mengelap keringat.

Di Sokaraja, Jokowi kembali mengklarifikasi kampanye gelap yang ditujukan padanya. Dia menjelaskan mulai isu pencabutan sertifikasi guru dan beras miskin sampai isu suku agama yang menerpanya. Jokowi kemudian meminta pendukungnya mengklarifikasi dengan cara yang santun kepada orang yang termakan isu itu.

“Kula dinyeki nggih meneng wae, sabar. Sampun titeni tanggal 9 Juli. Mriko elite kang katah, mriki rakyat ingkang katah. Rakyat ingkang menang (Saya diejek diam saja, sabar. Silakan dilihat tanggal 9 Juli. Sana banyak elite politik, di sini rakyat yang banyak. Rakyat yang akan menang),” kata Jokowi yang langsung disambut riuh pendukungnya sambil mengacungkan jari tengah dan jari manis.

Jangan Benci Rakyat

Di Gorontalo, kandidat wakil presiden, Jusuf Kalla, mengatakan pemimpin tidak boleh marah kepada rakyat, tetapi mengayomi rakyat.

“Pemimpin tidak boleh marah kepada rakyatnya, tetapi pemimpin harus menyukai rakyatnya,” katanya saat berkampanye di Lapangan Tuladenggi, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Pada kesempatan itu, JK juga mengungkapkan komitmennya bersama Jokowi untuk menjadi pemimpin yang jujur, amanah, dan mengayomi rakyat. Dengan nada bergurau, Kalla menyebut dirinya dan Jokowi, “Tidak pernah tangkap-tangkap rakyat.”

Bersama Jokowi, dia akan fokus membangun bangsa dan memajukan sumber daya manusia. “Sebab orang-orang maju pasti akan mampu membangun negeri berkualitas,” katanya. Ant/AR-2

http://koran-jakarta.com/?14080-kedaulatan%20pangan%20syarat%20utama%20kemandirian%20ekonomi

3 komentar:

  1. Halo, nama saya Laima, saya adalah korban di tangan kreditur penipuan saya telah ditipu 27 juta, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, tidak ada makanan untuk anak-anak saya, bisnis saya adalah hancur dalam proses saya kehilangan suami saya. Saya dan anak-anak saya tidak tahan lagi .all ini terjadi Januari 2015, tidak sampai saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu ibu yang baik Alexandra yang akhirnya membantu saya mendapatkan mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini terima kasih dan Allah terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan. alexandraestherloanltdd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com untuk setiap informasi yang Anda perlu tahu, silakan dia adalah satu-satunya orang yang jujur saya dapat memberitahu Anda.
    Terima kasih .

    BalasHapus
  2. Anda dipersilakan untuk "AULIA CONSULT" kami adalah perusahaan pinjaman baru yang didukung oleh BANK DUNIA yang didirikan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam kebutuhan bantuan di dunia, melalui bantuan keuangan. karena tingginya aktivitas penipuan yang terjadi di Indonesia, Jadi Jika Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda meminta hipotek untuk meminta pinjaman Anda atau membayar tagihan Anda, mulailah perdagangan yang baik, atau Anda dapat menemukan uang untuk mendapatkan modal hipotek dari bank lokal, kami adalah perusahaan yang menyediakan pinjaman tidak berguna untuk individu yang tertarik dan serius, perusahaan, badan hukum dan orang awam dengan tingkat keuntungan 2%.

    Kami memiliki akses ke koleksi pembayaran untuk perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis. Kami percaya bahwa kebajikan dan kenyamanan Anda adalah prioritas optimal kami, kami dapat berada di sini untuk membantu Anda mendapatkan pinjaman dan kami datang untuk membantu Orang Baik INDONESIA di negara saya. dan pastikan Anda orang Indonesia sebelum Anda menghubungi kami, INDONESIA SAJA !!!

    CATATAN (NB); JANGAN MENGHUBUNGI KAMI JIKA ANDA TIDAK SERIUS !!!

    Surel; (auliafadhlan6@gmail.com)

    Layanan kami meliputi:

    Membayar Utang
    Pinjaman Komersial
    Pinjaman Pribadi
    Pinjaman Internasional
    Pinjaman untuk Pertanian
    Modal Ventura
    Dan lagi

    PINJAMAN KARYAWAN (NB);
    Setelah merekomendasikan aplikasi pinjaman, Anda dapat mengharapkan respons awal dalam waktu kurang dari 1 jam dan membiayai dalam waktu 24-96 jam setelah menerima pemberitahuan yang kami butuhkan.

    Surel; auliafadhlan6@gmail.com
    WhatsApp: (+12342018860)

    BalasHapus
  3. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
    Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus