Sabtu, 14 Juni 2014

Petani Dipusingkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Sabtu, 14 Juni 2014

HANDRI HANDRIANSYAH/"PRLM"
HANDRI HANDRIANSYAH/"PRLM"SEJUMLAH petani berebut pupuk non subsidi di salah satu agen di Desa Kaliwedi, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon beberapa waktu lalu. Meskipun mahal, petani terpaksa membeli pupuk non subsidi, karena pupuk bersubsidi sulit diperoleh.*
SUMBER, (PRLM).- Petani Kabupaten Cirebon hingga saat ini masih terus dipusingkan dengan langkanya pupuk. Bahkan, pupuk NPK yang sangat dibutuhkan sempat hilang di pasaran sehingga petani kebingungan meracik kebutuhan unsur hara tanaman dari pupuk tunggal tak bersubsidi yang harganya lebih mahal.

Salah seorang petani Desa Kaliwedi, Kecamatan Kaliwedi Kartono (41) mengatakan, NPK merupakan pupuk jamak yang berperan vital bagi tanaman padi. Soalnya pupuk tersebut memang mengandung unsur penting Nitrogen, Fosfor dan Kalium.

“Kalau mengandalkan pupuk tunggal, kami harus mengukur sendiri setiap unsur yang diperlukan. Biayanya jelas lebih mahal karena harus membeli satu persatu pupuk tunggal yang diperlukan dan harga masing-masingnya juga lebih mahal. Selain itu belum tentu juga bisa menemukan semua unsur yang diperlukan, karena urea sebagai sumber nitrogen juga kadang sulit dicari,” katanya, Jumat (13/6/2014).

Sampai sekarang, kata Kartono, pupuk NPK masih sulit dicari. Meskipun sudah mencari ke beberapa kecamatan sekitar, Kartono masih juga belum mendapatkan pupuk NPK yang diperlukan. Padahal saat ini usia tanaman padi miliknya sudah mencapai tiga pekan, sedangkan pupuk NPK sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman padi saat berusia 15-25 hari. (Handri Handriansyah/"PR"/A-88)***

1 komentar:

  1. Halo, nama saya Laima, saya adalah korban di tangan kreditur penipuan saya telah ditipu 27 juta, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, tidak ada makanan untuk anak-anak saya, bisnis saya adalah hancur dalam proses saya kehilangan suami saya. Saya dan anak-anak saya tidak tahan lagi .all ini terjadi Januari 2015, tidak sampai saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu ibu yang baik Alexandra yang akhirnya membantu saya mendapatkan mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini terima kasih dan Allah terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan. alexandraestherloanltdd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com untuk setiap informasi yang Anda perlu tahu, silakan dia adalah satu-satunya orang yang jujur saya dapat memberitahu Anda.
    Terima kasih .

    BalasHapus