Selasa, 25 Agustus 2015

Produsen Tahu Mengeluh

Selasa, 25 Agustus 2015

Harga Kedelai Tidak Stabil Seiring Menguatnya Nilai Dollar AS

PADANG, KOMPAS — Pengusaha tahu di Kota Padang, Sumatera Barat, mengeluhkan tidak stabilnya harga kedelai. Hal itu terjadi karena pedagang kedelai tidak berani menetapkan harga seiring belum stabilnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Namun, di Semarang dan Kediri (Jawa Timur) harga komoditas impor itu masih stabil.

Di Solo, Jawa Tengah, harga kedelai yang menjadi bahan baku tahu tempe terus merangkak naik seiring penguatan nilai dollar AS. Meski demikian, perajin tahu-tempe tetap tenang menghadapi hal itu.

Syahmiral (24), pemilik pabrik tahu di kawasan Belimbing, Lubuk Minturun, Padang, Senin (24/8), mengatakan, harga kedelai hampir setiap hari berubah karena pedagang mengikuti perubahan harga dollar.

Ujang (54), pemilik usaha produk makanan di kawasan Bandar Olo, Padang Barat, membenarkan, kedelai yang digunakan pengusaha tahu adalah kedelai impor sehingga harganya sangat bergantung pada perubahan dollar. Dia juga mengatakan, pedagang tidak berani menetapkan harga standar karena jika dilakukan akan rugi.

"Sejak dollar naik, harga kedelai kacau. Biasanya, saya membeli Rp 365.000 per karung ukuran 50 kilogram (kg), lalu naik ke Rp 375.000, bahkan bisa sampai Rp 390.000. Kondisi ini sangat berdampak buruk terhadap usaha saya," kata Syahmiral.

Menurut Syahmiral, meski harga bahan baku naik, pedagang di pasar tetap tidak mau tahu. Mereka justru menolak jika dia serta-merta harus menaikkan harga jual tahunya.

"Karena itu, saya menyiasatinya dengan memproduksi tahu dengan ukuran lebih tipis sekitar 10 persen dari biasanya. Ini juga masih tetap mendapat komplain dari pedagang di pasar. Namun, mau bagaimana lagi kalau tetap seperti biasa, justru saya yang rugi," kata Syahmiral.

Syahmiral, setiap hari, membutuhkan sekitar 12 karung atau setengah ton kedelai untuk memproduksi sekitar 10.000 batang tahu. Jika sebelumnya dia bisa mendapatkan keuntungan Rp 200.000, setelah harga kedelai tidak stabil, kini turun menjadi Rp 150.000 per karung.

"Saya sekarang mempekerjakan delapan orang. Saya khawatir, setengahnya harus diistirahatkan dan tidak bekerja dulu jika penghasilan menurun. Sebab, kondisi perekonomian tidak kunjung membaik," ujar Syahmiral yang sudah dua tahun menggeluti usaha itu.

Ujang menambahkan, meskipun stok saat ini masih banyak, harga kedelai masih berpeluang naik. "Kami tidak pakai kedelai lokal karena kualitasnya kurang bagus. Namun, bukan berarti harus terus seperti itu. Pemerintah seharusnya memberikan perhatian lebih sehingga petani dalam negeri bisa menghasilkan kedelai berkualitas," kata Syahmiral.

Naik

Ketua Paguyuban Perajin Tahu Tempe Sumber Rejeki Solo Aco Warso Praja Sumitra mengatakan, harga kedelai saat ini sekitar Rp 7.100 per kg. Harga itu naik Rp 350 per kg dibandingkan harga di bulan lalu sekitar Rp 6.750 per kg. "Kami masih menganggap wajar kenaikan harga ini. Relatif belum terlalu tinggi kenaikannya dibandingkan harga lainnya, misalnya daging sapi," ujar Aco di Solo, Senin.

"Kebutuhan kedelai untuk paguyuban tetap 5 ton per hari. Produksi juga masih berjalan normal," katanya. Meski demikian, pihaknya berharap harga kedelai tidak terus meroket seperti terjadi pada tahun 2013. Diharapkan, harga kedelai menjadi stabil. Selain itu, jangan sampai terjadi kelangkaan kedelai di pasar.

Ketua Primer Koperasi Produsen Tahu Tempe Kabupaten Kendal Rifai mengemukakan, dengan harga kedelai impor masih di bawah Rp 7.000 per kg, perajin tahu-tempe bisa bernapas lega, apalagi persediaan kedelai impor tercukupi.

"Kami saat ini tidak kesulitan mendapatkan pasokan kedelai impor. Harganya pun sangat membantu perajin tetap mempertahankan produksi tahu dan tempe, sesuai kebutuhan pasar," kata Rifai di Weleri, Kendal.

Rifai mengatakan, harga saat ini berbeda kondisinya saat 2013. Ketika itu, kurs dollar AS terhadap nilai rupiah mencapai Rp 10.000, ternyata harga kedelai melejit hingga Rp 10.000 per kg. Ketika itu pula, kedelai harganya tinggi, pasokannya pun tersendat.

Diakui Rifai, kedelai impor menjadi andalan pasokan bagi ratusan perajin tahu-tempe di Kendal yang jumlahnya mencapai lebih dari 120 perajin.

Oleh karena itu, Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Jatim Ahmad Nurfalakhi mengatakan, dengan harga kedelai mahal, saatnya mendorong petani menanam kedelai. Apalagi, masa tanam kedelai hanya 80 hari, dan kedelai lokal lebih cocok untuk bahan tahu. Lebih gurih karena produksi lebih baru ketimbang impor.

Kebutuhan kedelai untuk Jatim rata-rata 480.000 ton per tahun, sedangkan produksi sekitar 450.000 ton. Artinya, kekurangan untuk memenuhi kebutuhan industri berbahan baku kedelai relatif sedikit, yakni sekitar 30.000 ton. Jadi, dengan harga sekarang berkisar Rp 6.000-Rp 7.000 per kg, petani enggan menanam kedelai. "Minat petani tanam kedelai akan muncul jika harga mencapai 150 persen dari harga beras," kata Falakhi, Senin, di Surabaya.

Kepala BPS Jatim Sairi Hasbullah menambahkan, petani kedelai di provinsi ini terus menyusut karena ongkos produksi mahal. Petani memilih tanaman yang biaya produksinya murah, seperti jagung dan padi.

(ZAK/RWN/WHO/ETA/WER)

http://print.kompas.com/baca/KOMPAS_ART0000000000000000015826897.aspx

1 komentar:

  1. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 750.000rb
    5.ons Rp.2.500.000
    1.kg Rp 3.750.000
    5 kg Rp 10.000.000
    10 Kg Rp 17.500.000
    15,kg Rp.20,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
    untuk yg mau pesan hub ;
    Hp.; 0812 4195 6724
    pin : 27BD397E
    adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
    desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prov ; maluku utara.
    barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
    dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
    INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

    BalasHapus