Senin, 10 Agustus 2015

Sejumlah Irigasi Kekeringan

Senin, 10 Agustus 2015

PURWOKERTO TIMUR – Musim kemarau, air di sejumlah saluran di Banyumas mulai mengalami kekeringan.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) Operasi dan Perawatan Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) Serayu Citanduy, Arief Sugiarto, musim kemarau kali ini berdasarkan catatannya sejumlah irigasi memang mengalami penurunan debit air.

Bahkan, ada beberapa airnya banyak menyusut. Ia mencontohkan, saluran yang mengalami defisit debit air yaitu di Daerah Irigasi Andongbang Cilongok, yang mengairi sawah seluas 1.128 hektare.

Menurutnya, debit air di daerah irigasi tersebut beberapa waktu belakangan tercatat hanya 0,660 meter kubik per detik. ”Kebutuhan air di daerah irigasi tersebut mencapai 1,765 meter kubik per detik,” ucapnya, kemarin.

Bahkan, kata dia, ada daerah irigasi yang debit airnya sudah 0 meter kubik per detik. Daerah itu adalah Daerah Irigasi Buniayu yang mengairi sawah seluas 220 hektare. Padahal kebutuhan air di daerah itu rata-rata mencapai 0,350 meter kubik per detik.

Akan Digilir

Kondisi itu berpengaruh terhadap debit air di saluran. Guna menghindari terjadinya kekeringan, sejumlah saluran akan digilir. Di wilayah kerja BPSDA Serayu Citanduy yang meliputi empat kabupaten yakni Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Cilacap ada 13 daerah irigasi dengan luas lahan pertanian sebanyak 10.523 hektare.

Kemudian yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat ada 57.276 hektare. Meski demikian, potensi kekeringan tidak saja terjadi karena musim kemarau.

Kondisi saluran juga turut berpengaruh sebab banyak saluran yang mengalami kebocoran. Berkaitan hal itu, pihaknya berniat melakukan perbaikan. Karena itu, ada sejumlah saluran irigasi yang akan dikeringkan.

Salah satu saluran yang akan dikeringkan yakni irigasi Sumpiuh. ”Yang jadi persoalan ternyata pada lahan pertanian yang dilalui saluran itu masih ada yang menanam padi, bahkan cukup luas mencapai 292 hektare dan dikhawatirkan berpotensi gagal panen bila dikeringkan,” tambahnya.(K17-17)

1 komentar:

  1. Dapatkan pinjaman hari @ 2% bunga dan menghidupkan kembali bisnis Anda tanpa mengganggu, kami menawarkan $ 3,000.00 ke $ 20,000.000.00, email kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman yang Anda butuhkan. silahkan hubungi kami di: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com bersama-sama dengan informasi di bawah.
    {Lengkapi formulir di bawah pinjaman}
    Nama Anda: ===========
    COUNTRY: ===========
    NEGARA ===========
    ALAMAT: ===========
    GENDER: ===========
    JUMLAH DIPERLUKAN: ===========
    PERIODE: ===========
    NOMOR TELEPON: =========== =============
    akun yang lebih baik dari perusahaan yang sah.
    Hubungi kami di email ini: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com
    Ibu Anita

    BalasHapus