Sabtu, 07 Desember 2013

Konferensi WTO, Empat Negara Tolak Paket Bali

7 Desember 2013



Metrotvnews.com, Denpasar: Konferensi Tingkat Menteri WTO ke-9 di Bali masih alot. Pembahasan antara pemimpin delegasi dilanjutkan pukul 10.00 WITA.

Situasi terakhir, India telah setuju dengan proposal Paket Bali yang terdiri dari tiga isu utama yakni fasilitasi perdagangan, pertanian, dan agenda pembangunan. Hal tersebut diungkapkan juru bicara WTO Keith Rockwell.

"Sepengertian saya India mendukung. Hanya empat negara yang tidak mendukung paket ini," ujar Keith di Bali, Sabtu (7/12) dini hari.

Empat negara tersebut ialah Kuba, Venezuela, Nikaragua, dan Bolivia.

Menurutnya, penolakan empat negara tersebut terbilang mendadak ketika semua anggota WTO telah sepakat dengan poin-poin pembahasan dalam Paket Bali.

"Grup Afrika, Arab, Asia, Karibia dan Pacific, LDCs (leas developed countries) menyetujui paket. Namun, di akhir pertemuan, Kuba, Venezuela, Bolivia, dan Nikaragua menolak paket tersebut,". katanya.

Keith menjelaskan, untuk Kuba penyebabnya adalah penghapusan ayat yang berkaitan dengan embargo. Dahulu, pada KTM WTO di Hong Kong, Kuba dan Venezuela mempunyai masalah dengan paket kerja sama. Tapi, permintaan yang tidak masuk ke dalam teks pembahasan akan dilanjutkan kemudian dengan catatan kaki. Namun pada konferensi ini urung dilakukan malah justru dihapuskan.

"Mereka menolak seluruh teks seperti sikap yang ditunjukkan delegasi Kuba. Dasarnya penghapusan ayat yang berkaitan dengan embargo," tuturnya.

Menghadapi situasi ini, Keith mengungkapkan, Direktur Jenderal WTO Roberto Azevedo dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan terus melakukan pembicaraan yang intensif dengan keempat negara tersebut. Namun, ia tidak mengetahui di mana pertemuan akan dilangsungkan dan tidak tahu hasil seperti apa yang akan tercapai.

Sepertinya, Paket Bali masih akan menawarkan kejutan. Sebelumnya, setelah banyak perkiraan India akan teguh pada pendirian, justru melunak. Lalu, timbul resistensi baru yang tidak pernah diduga sebelumnya. Ini bisa terjadi kapan saja, bahkan dalam tenggat waktu yang singkat.

Mengenai penolakan empat negara tersebut, Keith memberi keterangan kepada para jurnalis sekitar pukul 03.11 Wita, Sabtu dini hari.

Penolakan itu terjadi hanya berselang 20 menit sebelum Keith menyambangi awak media.

Lanjutan pembahasan dimulai kembali pukul 10.00 Wita. (Anshar Dwi Wibowo)

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/12/07/2/199603/Konferensi-WTO-Empat-Negara-Tolak-Paket-Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar