Selasa, 10 Desember 2013

Kuota Dikurangi, Petani Terancam Tak Dapat Pupuk

Senin, 9 Desember 2013


REMBANG (KRjogja.com) -  Sebagian besar petani di wilayah Kabupaten Rembang terancam tidak kebagian pupuk bersubsidi pada musim tanam pertama. Hal itu sebagai akibat pengurangan kuota di masing-masing daerah.

Data yang ada di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Rembang menyebutkan,sisa stok pupuk urea hingga bulan Desember ini mencapai 1.419 ton,sementara sisa stok ZA,SP 36 dan organic lain masing-masing sebanyak 1.400 ton,75 ton dan 300 ton,bahkan kata beberapapetani,stok untuk jenis NPK sudah habis.

Kepala Dinas Pertanian dan tanaman Pangan Ir Suparmin didampingi Kepala Bidang tanaman pangan dan Hortikultura, Mulyono Senin kemarin mengakui, jika kondisi stok pupuk urea untukpara petani dalam tingkat mengkhawatirkan.

“Adanya pengurangan kuota pupuk secara nasiopnal pada pertengahan tahun ini membuat banyak petani akan tak kebagian pupuk,” jelasnya.

Untuk pupuk urea, kata Mulyono, pengurangan kuota mencapai 1000 ton untuk wilayah Kabupaten Rembang. Dan pemerintah hanya member penambahan kuota untuk jenis pupuk organic saja, disisi lain ketergantungan petani akan pupuk urea masih tergolong tinggi.(Ags)

http://krjogja.com/read/196640/kuota-dikurangi-petani-terancam-tak-dapat-pupuk.kr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar