Minggu, 22 Desember 2013

Pupuk Langka, Petani Bojonegoro Tercekik

Sabtu, 21 Desember 2013

HaloBOjonegoro.com – Memasuki musim penghujan banyak petani yang mulai melakukan penanaman, khisinya tanaman padi. Mengingat masyarakat bojonegoro yang sebagian besar adalah petani mau tidak mau harus bercocok tanam, meski terkadang mengalami kerugian. Misalnya untuk saat ini banyak petani yang mengalami kerugian akibat terkena banjir.(21/12/2013)

Adanya kelangkaan Pupuk menjadikan, para petani semakin menjerit, padahal hasil pertanian adalah satu-satunya sebagai penopang hidup mereka, kalau pupuk langka secara otomatis akan merepotkan dan menyusahkan para petani. Hal semacam ini dirasakan sebagian masyarakat yang berada didaerah pinggiran kabupaten Bojonegoro bagian selatan, yaitu dikawasan Kecamatan Gondang dan sekitarnya.

Tatik mengatakan“ masyarakat disini saat ini lagi kesusahan untuk mendapatkan pupuk mas, kalau pupuk sulit semacam ini biasanya kami semua memebeli dari daerah Nganjuk”  meski sebenarnya hal ini melanggar dan tidak diperbolehkan, tapi mau gimana lagi, karena kami tidak mau tanaman padi kami mati dan tidak subur lantaran kekurangan pupuk, “ujar  Tatik salah satu petani dari gondang.

Sudah beberapa hari  Pupuk langka dirasakan petani, banyak petani yang mencari pupuk diluar daerah kususnya petani yang dekat dengan daerah kabupaten tetangga seperti cepu, nganjuk dan lamongan

Langkanya pupuk di Bojonegoro menjadikan petani kebingungan, apalagi tanamannya memasuki pemupukan. Hal itu menjadikan petani cemas kuwatir tanamannya  tidak bisa tumbuh secara normal.

Menurut sebagian petani selama ini belum ada tindakan jelas dari Dinas terkait, sebab masih banyak kesulitan dirasakan, apalagi saat ini musim tanam pupuk pun tidak ada, kalau musim tanam pupuk langka, tetapi saat musim kemarau pupuk melimpah.

Tatik juga menegaskan seharusnya pemerintah itu paham terhadap permasahan petani, disaat musim tanam kayak gini seharusnya Pemerintah cepat tanggap, sebab Pemerintah tanpa petani juga akan kesulitan mencukupi kebutuhannya kalau petani gagal artinya pemerintah juga gagal,”Tegas tatik.

Andik “menambahkan” kelangkaan pupuk didaerah saya ini sangat sering terjadi mas, saya sendiri juga heran padahal didaerah nganjuk dan kabupaten lain pupuk mudah didapat tapi kenapa di Bojonegoro sini kuk susah, Tambahnya” dengan nada gereget.

Ketika dikonfirmasi, Dinas terkait dalam hal ini Dinas pertanian tidak ada ditempat,  ketika disms belum direspon, dan nada telponnya juga tidak aktif…(sw)

http://halobojonegoro.com/pupuk-langka-petani-bojonegoro-tercekik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar