Senin, 03 Februari 2014

'Beras Vietnam Jadi Isu Panas di Tahun Politik'

Senin, 3 Februari 2014

Beras bulir panjang kualitas premium dari Vietnam
Beras bulir panjang kualitas premium dari Vietnam
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Firman Subagyo menyatakan, kasus beras impor asal Vietnam bakal menjadi isu panas dalam tahun 2014 yang juga akan menjadi tahun penyelenggaraan pemilihan umum legislatif serta pemilu presiden-wakil presiden.

"Kasus beredarnya beras impor medium asal Vietnam merupakan isu panas di tahun politik 2014 ini," kata Firman Subagyo, Senin (3/2). Menurut Firman, hal tersebut juga karena beras dinilai merupakan komoditas yang melibatkan hajat hidup orang banyak di Indonesia.

Politikus Partai Golkar itu mengingatkan, penyelesaian kasus beras itu juga tidak boleh dijadikan ajang politisasi terhadap pihak-pihak berkuasa. "Tetapi harus dituntaskan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat tentang kebijakan perberasan nasional," katanya.

Menteri Pertanian Suswono sebelumnya mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Menteri Perdagangan Gita Wirjawan untuk minta klarifikasi terkait dengan masuknya beras impor asal Vietnam yang ditengarai merupakan beras ilegal.

"Hari ini kami telah mengirimkan surat kepada Kementerian Perdagangan untuk minta klarifikasi," kata Suswono usai acara "Penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama antara TNI AD dan Kementerian Pertanian RI" di Mabes AD, Jakarta, pekan lalu.

Menurut Suswono, berdasarkan data dari Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) yang berhak mengeluarkan rekomendasi impor beras khusus, tidak pernah memberikan rekomendasi impor beras khusus asal Vietnam pada tahun 2013.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/14/02/03/n0f8no-beras-vietnam-jadi-isu-panas-di-tahun-politik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar