Senin, 28 April 2014

Ide Jokowi Lindungi Petani dari Para Tengkulak

Minggu, 27 April 2014

BOGOR, Baranews.co - Calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo menilai, peraturan menteri yang membahas tentang perdagangan hasil tani dan kebun harus segera diatur secara total. Hal tersebut, kata pria yang akrab disapa Jokowi itu, guna meminimalisir adanya permainan harga yang dilakukan para tengkulak atau kartel yang dapat merugikan para petani.

"Kita ngerti ada kartel. Peraturan menteri harus diatur total agar kesempatan mainkan harga bisa dihilangkan," kata Jokowi di acara penanaman padi yang bertajuk 'Kemandirian Pangan Bersama Rakyat' di Desa Tanjung Sari, Cariu, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/4/2014).

Tak hanya itu, Jokowi menilai sebagai lembaga yang menstabilkan harga pangan nasional, peran Badan Urusan Logistik (Bulog) harus diberikan secara lebih besar. "Peran bulog harus diberikan porsi lebih," tegas Jokowi.

Di sela-sela acara penanaman padi yang bertajuk 'Kemandirian Pangan Bersama Rakyat' itu, Jokowi berharap agar kedaulatan dan ketahanan pangan di Indonesia dapat terus bertambah.

"Ketahanan dan kedaulatan pangan dan setiap tahun tambah 3 juta dan siapkan pangan dan kemudian kita sampaikan dalam 5 tahun ini ada impor pangan beras, dan jagung," tambah Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu juga menilai kebijakan-kebijakan yang menguntungkan petani terus diterapkan. Tak hanya itu, Jokowi berpendapat kebijakan-kebijakan tersebut untuk menyukseskan kedaulatan dan ketahanan pangan juga harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur pertanian yang baik.

"Infrastruktur dan pertanian dan bendungan sampai saluran harus dibenahi. Sawah baru dan kualitas air diawasi. Jangan sampai saluran dimasuki limbah industri," jelas Jokowi. (Hanz Jimenez Salim/liputan6/ff)

http://m.baranews.co/web/read/11507/ide.jokowi.lindungi.petani.dari.para.tengkulak#.U14L6eOSzME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar