Selasa, 01 April 2014

Produksi Padi Turun akibat Hama

Selasa, 1 April 2014

TEGAL, KOMPAS — Harga gabah di wilayah Tegal dan Brebes, Jawa Tengah, anjlok seiring musim panen yang mulai berlangsung. Kondisi itu diperparah dengan penurunan produktivitas padi akibat serangan hama di beberapa wilayah.
Panen padi di Kota Tegal antara lain berlangsung di Kelurahan Kalinyamat Kulon, Kecamatan Margadana, sedangkan di Kabupaten Brebes seperti terlihat di Desa Tegalglagah, Kecamatan Bulakamba, serta di wilayah Kecamatan Wanasari.

Asmawi (54), petani di Kelurahan Kalinyamat Kulon, Senin (31/3), mengatakan, harga gabah terus turun dalam dua pekan terakhir. Selama ini, petani di wilayahnya biasa menjual gabah dengan sistem tebas (penjualan secara borongan di sawah).

Sebelumnya, dari panen seluas 1.667 meter persegi bisa diperoleh hasil jual sekitar Rp 3,5 juta. Namun pekan lalu turun menjadi Rp 3 juta, dan pada panen saat ini hanya terjual Rp 2,2 juta. ”Sekarang petani rugi, harga gabah murah,” katanya.

Roji (36), petani lain di Kelurahan Kalinyamat Kulon, mengatakan, produktivitas gabah juga turun akibat tanaman terserang hama sundep atau penggerek batang. Dari lahannya seluas seperempat bau (sekitar 1.667 meter), saat ini hanya diperoleh sekitar 4,8 kuintal gabah. Padahal biasanya bisa mencapai 6 kuintal.

Jika dijual dengan sistem tebas, hasil panennya hanya ditawar Rp 1 juta oleh tengkulak. Hasil itu tidak bisa menutup biaya produksi yang mencapai Rp 1,5 juta. Akibatnya saat ini, dia terpaksa memanen sendiri dan membawa pulang gabahnya.

Kondisi serupa dialami petani di Desa Tegalglagah, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. Subhkan (38), mengatakan, saat ini petani sedang rugi. Hasil panen yang diperolehnya sedikit akibat tanaman terserang wereng.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Brebes, Juwari, mengatakan, kondisi itu diperparah dengan serangan hama wereng yang mengakibatkan produktivitas sebagian lahan menurun. (WIE)

http://epaper.kompas.com/kompas/books/140401kompas/#/18/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar