Kamis, 17 April 2014

Pupuk Urea Subsidi di Klaten Langka

Kamis, 17 April 2014

KLATEN- Keberadaan pupuk subsidi jenis Urea dari Pemerintah Pusat di Kabupaten Klaten langka. Kondisi ini disebabkan adanya pemotongan kuota pupuk yang mencapai 20 persen dibandingkan kuota tahun lalu. Selain petani, sejumlah pengecer pupuk pun mulai kebingungan.

Mujiyono, Salah seorang pengecer pupuk, di Manisrenggo, mengungkapkan, kelangkaan pupuk sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Selain pupuk urea, pupuk yang sulit didapatkan yakni pupu ZA dan juga Phonska. “Benar pupuk sekarang lagi sulit. Kemarin saja, kami minta ke distributor delapan ton pupuk urea, tetapi hanya diberikan empat ton saja. Itu pun tidak lama langsung habis diborong pembeli,” katanya kepada wartawan, Rabu (16/4).

Karena, sulitnya mendapatkan stok untuk sementara, Mujioyono tidak menjual pupuk tersebut. “Yang cari banyak, tetapi karena tidak ada barangnya kita tidak jual dulu. Kita, sampai memberikan pemberitahuan bahwa pupuk sedang kosong,” tambah Mujiyono. Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten, Joko Siswanto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/4) mengatakan, sampai saat ini stok pupuk masih aman. Untuk itu, dirinya meminta kepada para petani maupun pengecer untuk tidak perlu khawatir.

“Untuk stok sampai saat ini masih aman, kita juga sudah minta kepada distributor agar segera menyalurkan pupuk tersebut,” katanya. Joko sendiri membenarkan, jika pasokan pupuk sedikit tersendat lantaran adanya pengurangan pasokan dari pemerintah pusat sebesar 20 persen. Guna mengantisipasi kekurangan pasokan, pihaknya berinisiatif untuk mengambilkan pasokan pupuk dari bulan depan untuk diberikan di bulan ini. “Untuk bulan Januari sampai April alokasi pupuk urea sebanyak 7.007 ton, dan yang sudah disalurkan sebanyak 6.254 ton. Jadi stok pupuk tinggal 753 ton untuk bulan ini,” terangnya. Ari Purnomo

http://joglosemar.co/2014/04/pupuk-urea-subsidi-di-klaten-langka.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar