Jumat, 29 Mei 2015

Ditemukan Sawah Kuno di Situs Liyangan

Jumat, 29 Mei 2015

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com – Tim peneliti liyangan pada lanjutan ekskavasi tahun 2015 setelah membuka latar keempat, kini kembali mendapatkan temuan berupa pematang sawah zaman dulu peninggalan era Mataram kuno. Pematang sawah membuktikan adanya kehidupan sosial masyarakat secara luas selain peribadatan di lereng Sindoro ini.

Sugeng Riyanto Ketua Tim Peneliti Liyangan dari Balai Arkeologi Yogyakarta mengatakan, temuan pematang sawah di area atas di ujung jalan batu atau di sebelah barat daya dari candi. Pematang itu diperkirakan terkubur material vulkanik saat Gunung Sindoro meletus dahsyat pada abad X Masehi.

“Di ujung jalan batu atau arah mata angin sebelah tenggara jalan batu ada temuan yang kita duga bagian dari area pertanian. Indikasinya, ada semacam pematang meski masih asumsi. Ini memperkuat dugaan kita adanya area pertanian, selain area ibadah dan hunian,”ujarnya kemarin.

Gejala pematang di atau area pertanian sejajar dengan talud bolder, panjangnya rata-rata 3 meter dan terdiri dari tiga jalur pematang. Sedangkan beberapa meter dari pematang di atas balok batu diperkirakan dahulu ada bangunan rumah.

(Raditia Yoni Ariya/ CN40/ SM Network)

http://berita.suaramerdeka.com/ditemukan-sawah-kuno-di-situs-liyangan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar