Selasa, 26 November 2013

Kemendag Harus Serius Dukung Swasembada Gula

26 November 2013

JAKARTA – Komisi IV DPR menegaskan bahwa swasembada gula adalah program pemerintah. Karena itu, semua elemen pemerintah termasuk Kementerian Perdagangan (Kemendag) harus mendukungnya,
di antaranya dengan mengawasi peredaran gula rafinasi (gula kristal rafinasi/GKR) agar jangan sampai bocor ke pasar umum atau tradisional.

Anggota Komisi IV DPR Habib Nabiel Almusawa mengatakan, apabila gula rafinasi masih bocor di pasaran maka Kemendag tidak serius mendukung program swasembada gula.

“Kemendag harus mendukung program swasembada gula, caranya dengan mengawasi agar gula rafinasi tidak beredar di pasar konsumsi,” kata dia di Jakarta, baru-baru ini.

Pernyataan tersebut untuk mengomentari pernyataan Asosiasi Pengusaha Gula dan Terigu Indonesia (Apegti) yang menilai Kemendag tak mampu mengawasi perembesan gula rafinasi (gula murni berkualitas tinggi berkadar abu dan belerang mendekati nol) yang beredar bebas di pasaran.  Gula rafinasi khusus diperuntukan bagi industri dan dilarang dijual di pasar bebas.

Menurut Habib, jatuhnya harga gula merupakan disinsentif bagi petani tebu. Para petani tebu merugi dan jelas akan terpukul dengan kondisi ini. Di musim berikutnya, petani akan jera menanam tebu dan memilih untuk mengganti dengan tanaman lain yang lebih menguntungkan.

”Apabila semua petani tebu berfikir demikian, maka program swasembada gula akan gagal”, tandas Habib Nabiel Almusawa. (tl/ID)

http://www.investor.co.id/macroeconomics/kemendag-harus-serius-dukung-swasembada-gula/73062

1 komentar:

  1. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Saya Husnah dan saya mengambil waktu saya keluar untuk bersaksi Ibu Amanda karena dia akhirnya menawarkan saya.
    Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu Amanda, yang menawarkan pinjaman. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman. Anda dapat menghubungi dia hari ini untuk pinjaman apapun dan jumlah.
    Hubungi Ibu Amanda melalui salah satu email berikut. amandaloans@qualityservice.com atau amandarichardson686@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut ikmahusnah@gmail.com

    BalasHapus