Jumat, 29 November 2013

Posdaya-UGM Kembangkan Riset Produksi Pangan

29 November 2013

JAKARTA — Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) akan mengoptimalkan sumberdaya lokal dengan hasil riset pangan dan pengembangan produk makanan Universitas Gajah Mada (UGM). Selama ini UGM Yogyakarta mengembangkan riset produksi pangan dan pengembangan produk makanan sehat berbahan baku lokal berbasis sumberdaya lokal.

Tujuannya riset itu untuk merintis Indonesia menuju kedaulatan pangan dan ketahanan pangan nasional. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UGM memadukan konsep kemandirian dengan pemberdayaan melalui pos pemberdayaan keluarga (Posdaya). 

“Memang riset yang dilakukan UGM sangat bagus, dan tadi sudah dapat izin dari Pak Rektor UGM kalau mungkin kita aplikasikan hasil riset itu kepada petani yang menjadi anggota Posdaya. Menanam ganyong misalnya, bisa menjadi sesuatu makanan yang bisa dipasarkan secara internasional, padahal tanaman itu bisa dari halaman anggota Posdaya,” kata Ketua Yayasan Damandiri Prof Dr Haryono Suyono usai menandatangani MoU dengan UGM di Kampus UGM Jakarta, kemarin.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UGM, Prof Dr Suratman mengatakan, pihaknya sudah lama bekerjasama dengan Yayasan Damandiri lewat kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Posdaya. Sasarannya daerah tertinggal, termiskin, dan terluar.”Kami fokus pada membangun ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejaheraan, sasaran kami adalah masyarakat di daerah rentan dan miskin. Karena disana kekurangan kesempatan kreativitas ekonomi,” ujarnya.

KKN Posdaya ini juga termasuk dalam KKN Keistimewaan. Seperti instruksi Gubernur DI Yogyakarta, bahwa di daerah keistimewaan tidak boleh ada orang yang menganggur, masyarakat harus mandiri. “Kami mengintegrasikan konsep kemandirian masyarakat dengan pemberdayaan. Jadi kekuatan komutinas inilah yang menjadi sasaran KKN Tematik Posdaya,” kata Suratman.

Setiap mahasiswa dan dosen yang turun ke desa, dapat memetakan masalah yang ada disana, kemudian mencari pemecahannya. Sementara ada lima konsep kemandirian yang diterapkan di desa, yaitu agro production, masyarakat memproduksi hasil pertanian, jika hasil pertanian melimpah maka bisa diolah menjadi produk industri (agro industry).

Bagi masyarakat yang bisa menjual bisa melakukan agrobisnis. Konsep keempat, agro technology yaitu membuat teknologi tepat guna untuk mempercepat proses kemandirian. Jika kemandirian sudah ada maka desa itu bisa mengembangkan agroturism.

Jika sebuah desa sudah bisa menjadi desa wisata maka desa itu menjadi pasar. “Kita harus bisa menciptakan desa sebagai tujuan belanja atau village market. Yang jadi supermarket ya desa itu. Misalnya orang mau cari gula kepala ya di Kulon Progro, jadi mari kita mandirikan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Menurut Suratman, kalau Indonesia ingin gemah ripah loh jinawi (makmur dan sejahtera), harus mendorong agar UMKM maju dan desa menjadi sumber pasar yang berkualtias. “Disinilah peran riset yang dilakukan UGM untuk memerangi bagaimana Indonesia meraih kedaulatan pangan, UGM bercita-cita agar kebijakan ekspor lebih banyak daripada impor, kalau bisa tidak usah impor pangan,” ujarnya.

Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno dalam Forum Riset Industri Indonesia (Indonesia Industry Research Forum/IIRF) 2013, mengatakan, pihak industri dapat memanfaatkan hasil riset untuk industrinya. Sementara, untuk memenangkan kompetensi di era globalisasi perlu kedaulatan termasuk kedaulatan kepemimpinan atau disebutnya sebagai leadership.

Pratikno mengatakan, saat ini pedagang kaki lima saja sudah menjadi pasar internasional dan hampir tak ada pasar domestic. Artinya, barang-barang yang dijajakan sudah barang impor, bahkan buah saja sebagian besar sudah impor. “Jadi dimulai dari memenangkan pasar di kaki lima, kita akan mempunyai peluang untuk memenangkan wilayah lainnya,” kata Pratikno.

Menurutnya, untuk bisa menyalip kemajuan teknologi negara lain, kita tidak mungkin melalui tangga yang sama. Kepada ilmuwan Pratikno mengingatkan ibarat menaiki tangga, Indonesia masih di bawah.

Negara lain jika sudah sukses, tangga itu akan ditendang dan roboh. Jika kita menaiki tangga yang sama artinya, kita tetap merangkak dan tidak akan mengejar kemajuan yang sudah diraih oleh negara yang sukses itu. Oleh karena itu, harus mempunyai strategi berfikir dan membuat lembar baru untuk mengembangkan iptek dan pasar.

http://www.harianterbit.com/2013/11/29/posdaya-ugm-kembangkan-riset-produksi-pangan/

3 komentar:

  1. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Saya Husnah dan saya mengambil waktu saya keluar untuk bersaksi Ibu Amanda karena dia akhirnya menawarkan saya.
    Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu Amanda, yang menawarkan pinjaman. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman. Anda dapat menghubungi dia hari ini untuk pinjaman apapun dan jumlah.
    Hubungi Ibu Amanda melalui salah satu email berikut. amandaloans@qualityservice.com atau amandarichardson686@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut ikmahusnah@gmail.com

    BalasHapus
  2. Hubungi kami:
                                                via BBM INVITE: {D8980E0B}
                                                  WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                    Tel .... (+ 44) 7480 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? Atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk menyediakan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  3. LEMBAGA KEUANGAN INI BERADA PADA KEBAKARAN

    TINGKATKAN FILE FINANSIAL ANDA

    Saya Rizky Indah dan penduduk asli Indonesia dan saya di sini untuk memberi tahu Anda tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari pemberi pinjaman terpercaya ONE BILLION RISING FUND


             KONTAK PERUSAHAAN
    NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352


    Dalam pandemi ini hidup menjadi lebih sulit bagi saya dan keluarga saya dan pekerjaan saya hancur oleh pandemi Covid 19 ini dan Hidup nyaman adalah dambaan semua orang dan saya menginginkan yang terbaik untuk keluarga saya jadi saya memutuskan untuk meminjamkan uang dari bank dan bank mengubah saya turun berkali-kali sampai teman saya yang mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND memperkenalkan pemberi pinjaman kepada saya dan meyakinkan saya bahwa mereka dapat membantu saya secara finansial, saya sangat percaya kepada mereka karena teman saya baru saja mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND jadi saya mendaftar dan mereka membawa saya melalui proses mereka yang memakan waktu beberapa hari dan yang paling mengejutkan saya, akun saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman
    Pengalaman yang saya dapatkan dari ONE BILLION RISING FUND ini telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sekarang saya memiliki perusahaan keramik
    Jika Anda tahu Anda membutuhkan pinjaman, saya akan menyarankan Anda menghubungi perusahaan keuangan dan saya sangat yakin bahwa mereka dapat membantu Anda dengan pinjaman


    Harap perhatikan pemberi pinjaman yang Anda hubungi secara online karena sebagian besar pemberi pinjaman keuangan online palsu dan mereka akan membuat hidup Anda lebih sulit dan mereka tidak berniat baik untuk membantu Anda karena mereka adalah penipu yang ingin mencari nafkah dari Anda.

                                  KONTAK SAYA
    Nama Saya ::: Rizky Indah
    Email :: indahrizky490@gmail.com
    Jumlah Pinjaman ::: $ 30.000.00
    WA saya ::: + 62858 8161 8874

    BIJAKLAH

    BalasHapus