Rabu, 27 November 2013

KTNA Sragen Gelar Rembug Paripurna

27 November 2013



Metrotvnews.com, Sragen: Kontak Tani Nelayan Andalan ( KTNA ) Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, menggelar rembug paripurna soal pertanian tanaman pangan yang melibatkan Bulog, perbankan, PT Pertani dan juga instansi Dinas Pertanian, Rabu ( 27/11), di Sragen.

Tujuan pertemuan untuk mencari solusi dari persoalan pertanian yang selama ini membelit petani.

"Banyak hal yang dibahas, dari mulai menyangkut kebutuhan permodalan, pengadaan pupuk, obat-obatan, bibit dan juga keberadaan resi gudang, serta program pemerintah yang akan memberikan perlindungan usaha tani melalui asuransi," terang Ketua KTNA Sragen, Suratno, Rabu ( 27/11) sebelum dimulainya acara rembug paripurna pertanian.

Menurut dia, banyak petani di Sragen selama ini bingung atas munculnya berbagai regulasi pemerintah yang dinilai hanya bisa dinikmati kalangan petani tertentu, namun tidak bisa menyentuh mereka. Keterlibatan mereka ikut paguyuban pertanian juga belum membantu.

Karena itu, melalui forum pertemuan dengan sejumlah institusi yang selama ini dianggap memiliki keterlibatan langsung dalam pengelolaan
hasil pertanian, diharapkan akan membawa harapan baru bagi petani di dalam bercocok tanam.

Harapan petani, lanjut Suratno, seperti Perbankan bersedia memberikan akses permodalan yang lebih fleksibel, ketimbang petani terjerat utang di pengijon. Lalu Bulog mempermudah persyaratan gabah bisa masuk, PT Pertani memberikan bibit yang unggul yang mampu meningkatkan produksi pertanian, dan Pemda mampu menjembatani kepentingan petani dalam memperoleh pupuk subsidi yang cocok dengan pertanian tanaman pangan dan
juga obat-obatan yang efektif.

" Semua yang dimohonkan teman-teman petani tidak aneh-aneh, yakni kebutuhan untuk mengelola tanaman pangan didapat mudah, sehingga produksi jadi kuat, petani sejahtera dan mampu mengembalikan kewajibannya jika berhutang secara baik. Petani sebenarnya tidak ingin menjual ke tengkulak, karena jelas rugi besar.Tetapi selama ini tidak berdaya, mereka berusaha sendiri tidak ada yang menolong," imbuh Suratno.

Sementara soal program resi gudang, di mana kabupaten Sragen termasuk pionir di Jawa Tengah, namun ternyata tidak menunjukkan keberhasilan.

"Bagaimana mau masuk, kalau persyaratannya jlimet, petani tidak mampu memenuhi syarat. Padahal kualitas beras di Sragen termasuk sangat bagus dibandingkan daerah lain, namun tetap sulit masuk," tandasnya.

Hal sama dengan upaya pemerintah yang akan meluncurkan asuransi pertanian, KTNA Sragen berpendapat, bahwa perlindungan usaha tani itu diyakini juga tidak akan membuat petani tertarik.

Selain dianggap jlimet, mekanisme yang ditempuh petani juga perlu waktu panjang. Bagi petani di pedesaan, asuransi pertanian yang menjadi program pemerintah terbaru itu juga diyakini akan membuat petani tambah bingung. (Widjajadi)

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/27/6/197353/KTNA-Sragen-Gelar-Rembug-Paripurna

1 komentar:

  1. Hubungi kami:
                                                via BBM INVITE: {D8980E0B}
                                                  WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                    Tel .... (+ 44) 7480 729811
    layanan e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? Atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk menyediakan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus