Senin, 25 November 2013

Petani Keluhkan Pupuk Urea Langka

25 November 2013
                                                                                                                                                                  




(BENGKAYANG)-Memasuki masa tanam padi, jagung serta tanaman lain saat ini, sebagian petani di Bengkayang, khususnya di Kecamatan Lumar dan Tujuh Belas khawatir tanaman mereka akan gagal. Penyebab utamanya ialah mereka kesulitan mendapatkan pupuk subsidi urea.

"Tak hanya di (distributor) Lumar saja yang langka, di Bengkayang juga pupuk subsidi sulit ditemui," ujar salah seorang petani asal Dusun Madi, Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar, Kasyanto, Minggu (24/11/2013).

Akibat kesulitannya mendapatkan pupuk urea, Kasyanto mengaku hingga kini tanaman jagungnya masih belum diberi pupuk sebagai penyubur padahal usia tanam sudah tiga minggu. Kekhawatiran gagal panen pun menghantuinya. Kondisi inilah yang akhirnya membuatnya mengambil inisiatif untuk menggunakan pupuk jenis lain, yakni pupuk NPK. "Daripada tidak ada pupuk, terpaksalah pakai yang ada," keluhnya.

Berdasarkan penjelasannya, untuk mendapatkan pupuk urea, Kasyanto telah berupaya mencari pupuk tersebut ditingkat distributor kecamatan hingga pada toko-toko pupuk yang ada di pasar Bengkayang. Tetapi tetap saja tidak Ia temui pupuk urea bersubsidi. Sementara untuk membeli pupuk non subsidi, Ia mengaku sangat berat. Permasalahan ini semakin bertambah berat karena pada saat ini banyak petani yang mulai memasuki masa tanam padi yang mana juga sangat membutuhkan pupuk urea.

"Wajar jika banyak petani merasa khawatir dengan kesulitan memperoleh pupuk pada masa-masa sekarang," sebut Kasyanto.

Perlu diketahui, untuk pupuk urea non subsidi satu karung 50 Kg harga yang diberikan bagi para petani berada pada kisaran Rp.225 ribu hingga Rp.250 ribu. Berbanding Rp.105 ribu hingga Rp.115 ribu pupuk bersubsidi. Apabila para petani terpaksa harus membeli pupuk urea non subsidi, itu artinya mereka harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi dan ini tentu akan berdampak bagi penghasilan mereka sendiri. Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 69/Permentan/SR.130/11/2012, Adapun Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk bersubsidi berdasarkan jenis pupuk antara lain, pupuk Urea dengan harga Rp. 1.800/kg, pupuk SP-36 Rp.2.000/kg, pupuk ZA Rp. 1.400/kg, pupuk NPK Rp. 2.300/kg dan pupuk organik Rp.500/kg, dengan kemasan Pupuk Urea 50kg, Pupuk SP-36 50kg, Pupuk ZA 50kg, Pupuk NPK 50 kg atau 20kg dan pupuk organik 40kg atau 20kg.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi pada hari yang sama, ternyata tidak hanya Kasyanto saja yang merasa khawatir dengan kesulitan mendapatkan pupuk urea. Sukariadi dari Kelompok Tani Sawit Mandiri, Kecamatan Tujuh Belas juga mengaku mengalami hal yang yang sama. "Kira-kira sudah dua bulan ini pupuk urea (bersubsidi) sulit didapat," ungkapnya.

Untuk mengatasi kelangkaan pupuk urea, Ia bersama anggota kelompok lainnya hanya bisa berharap dari ketersediaan yang dimiliki pengusaha maupun pengepul usaha pertanian mereka. "Jika pupuk bersubsidi langka secara otomatis itu akan berdampak pada pendapatan para petani," sebut Sukariadi.

Terkait keluhan yang telah disampaikan, keduanya berharap agar pemerintah dapat mengatur dengan baik proses penyaluran pupuk kepada para petani agar tepat sasaran. Sementara itu, Kasyanto dengan tegas meminta agar diberikan sanksi tegas bagi para distributor pupuk bersubsidi apabila pupuk yang seharusnya didistribusikan kepada petani namun dialihkan kep ada perusahaan-perusahaan sawit.(Krisantus)

http://postkotapontianak.com/index.php/kalbar/bengkayang/item/517-petani-keluhkan-pupuk-urea-langka

6 komentar:

  1. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Saya Husnah dan saya mengambil waktu saya keluar untuk bersaksi Ibu Amanda karena dia akhirnya menawarkan saya.
    Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu Amanda, yang menawarkan pinjaman. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman. Anda dapat menghubungi dia hari ini untuk pinjaman apapun dan jumlah.
    Hubungi Ibu Amanda melalui salah satu email berikut. amandaloans@qualityservice.com atau amandarichardson686@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut ikmahusnah@gmail.com

    BalasHapus
  2. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik dari Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Saya Husnah dan saya mengambil waktu saya keluar untuk bersaksi Ibu Amanda karena dia akhirnya menawarkan saya.
    Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu Amanda, yang menawarkan pinjaman. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman. Anda dapat menghubungi dia hari ini untuk pinjaman apapun dan jumlah.
    Hubungi Ibu Amanda melalui salah satu email berikut. amandaloans@qualityservice.com atau amandarichardson686@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut ikmahusnah@gmail.com

    BalasHapus
  3. Hello,
    Adakah anda memerlukan pinjaman dengan segera untuk menyelesaikan hutang anda atau anda memerlukan pinjaman modal bagi meningkatkan perniagaan anda?
    anda telah ditolak oleh
    Bank-Bank dan lain-lain agensi kewangan?
    Adakah anda memerlukan jaminan Bank?
    Adakah anda memerlukan pinjaman penyatuan atau gadai janji?
    Cari lagi kerana kami di sini agar semua masalah kewangan anda dengan perkara yang sebelum ini. Kita pinjaman dana keluar kepada individu
    memerlukan bantuan kewangan, yang mempunyai kredit bad atau memerlukan wang
    untuk membayar bil, untuk melabur dalam perniagaan pada kadar 2%. Saya ingin menggunakan medium untuk memaklumkan kepada anda bahawa kami menyebabkan boleh dipercayai dan bantuan waris ini dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel: zenithloanlimited@gmail.com

    BalasHapus
  4. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

    BalasHapus
  5. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
    ./';./

    BalasHapus
  6. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
    Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus